10 Resolusi Sederhana di Tahun Baru yang Patut Dicoba - KabarMenarik.web.id
Resolusi 2019

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang akhir tahun 2018 ini juga diramaikan dengan catatan resolusi yang berhasil tercapai dan yang belum tercapai di tahun 2018 ini.

Selain itu, catatan resolusi untuk tahun 2019 juga sudah mulai disusun. Dan mungkin catatan yang telah tersusun tidak semua baru, karena pasti ada rencana tahun 2018 lalu yang belum tercapai bisa dimasukkan kembali ke daftar resolusi tahun 2019 sekaligus jadikan di tahun depan sebagai pelajaran berharga, yaitu, jangan membuat resolusi yang terlalu muluk.

Berbagai rencana sederhana pun juga bisa digunakan untuk resolusi yang bermanfaat agar kehidupan yang lebih baik di di tahun baru.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ini 10 resolusi sederhana di tahun baru yang patut untuk dicoba:

1. Mengurangi asupan yang manis

Tiap orang punya batasan atau definisi masing-masing mengenai makanan atau minuman manis. Jadi tidak ada yang benar-benar tidak makan atau minum-minuman manis mengingat tubuh juga masih memerlukan asupan gula.

Biasanya, kebiasaan kecil seperti minum kopi, nonton, atau sekadar mengetik di cafe kerap ditemani oleh camilan serba manis.

Namun tak perlu sampai menjauhi makanan yang serba manis ini. Cukup perhatikan dan atur berapa banyak yang akan dikonsumsi dalam sehari.

2. Perhatikan asupan kalori

Tubuh kita pasti memerlukan nutrisi yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, beberapa hal kecil seperti kebiasaan makan lagi setelah makan malam perlu dikurangi. Sebab asupan kalori terlalu banyak di malam hari bisa menyebabkan gangguan kualitas tidur.

3. Puasa

Biasanya, keinginan untuk memiliki tubuh ideal kerap tak diimbangi dengan usaha keras mengontrol pola makan. Orang sering menyebutnya gagal diet. Oleh karena itu, maka tidak ada salahnya jika mencoba untuk berpuasa.

Bagi yang muslim, puasa menjadi hal yang wajib dijalankan setiap bulan Ramadhan. Dan untuk yang non-muslim tentunya juga masih bisa berpuasa.

Hal ini juga dilakukan oleh Editor Health and Wellness CNN, David G. Allan, mencoba berpuasa atas dorongan dari temannya, Dilshad. Untuk pertama kalinya perut Allan kosong selama nyaris 14 jam. Makan di pagi buta kemudian kembali makan saat matahari terbenam.

Hasilnya, Allan merasakan berbagai manfaat saat dia berpuasa, yakni latihan untuk disiplin dan yang paling penting, berat badannya turun 5 kilogram.

4. Kontrol emosi

Emosi yang negatif seperti marah akan lebih baik jika diluapkan. Namun, sifat gampang marah hanya akan mengacaukan segala sesuatu bahkan rencana-rencana yang sudah tertata dengan baik.

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika mencoba pasang alarm untuk sekedar mengingatkan hal yang perlu disyukuri.

5. Bergerak

Olahraga tiga kali dalam seminggu kerap menjadi sebuah rencana saja. Padahal rencana untuk hidup lebih sehat dengan banyak bergerak bisa diwujudkan dengan aktivitas sederhana, misalnya berdiri. Contohnya, mengetik tidak harus dilakukan dengan duduk, berdiri pun juga bisa.

6. Kurangi media sosial

Media sosial di dunia maya memang kerap banyak menyita waktu dibandingkan dengan kehidupan nyata. Oleh karena itu, kurangi aktivitas media sosial dan luangkan waktu untuk kehidupan nyata.

Hal ini bisa dicoba saat akhir pekan untuk berkumpul bersama keluarga atau teman. Atau bisa juga hanya sekedar jalan-jalan untuk mencari inspirasi tentunya akan lebih menyenangkan.

7. Kurangi gosip

Sama halnya dengan mengurangi aktivitas bermedia sosial, ada baiknya menjadikan tahun 2019 ini bersih dari gosip atau kabar tak berfaedah yang kerap datang dari dunia hiburan atau infotainment.

8. Kini dan disini

Karena tuntutan kehidupan yang lebih modern, kebersamaan dengan orang-orang terkasih khususnya keluarga saat ini telah terdistraksi oleh pekerjaan dan aktivitas media sosial.

Oleh karena itu, di tahun 2019 perlu dibuat resolusi untuk "Kini dan disini". Artinya, jika bekerja, maka fokuslah bekerja. Sedangkan saat bersama keluarga, maka fokus dan hadirlah dengan sepenuh hati untuk mereka. Hal ini sangat penting terutama untuk anak.

9. Memilah barang tak terpakai

Tanpa kita sadari sepanjang tahun ada saja barang yang bertambah. Oleh karena itu, ada baiknya di tahun baru ini mulai memilah barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Barang-barang ini bisa dijual ke toko barang bekas atau disumbangkan kepada mereka yang memerlukan.

10. Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai

Resolusi Sederhana lainnya yang bisa diwujudkan di 2019 adalah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Pernah dengar berita mengenai paus sperma yang terdampar dengan perut penuh sampah? Nah hal tersebut menggerakkan hati semua orang untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, misalnya dengan menggunakan tas belanja sendiri daripada kantong kresek dari supermarket, ataupun membawa botol minum sendiri dan menggunakan sedotan dari alumunium atau bambu.

10 Resolusi Sederhana di Tahun Baru yang Patut Dicoba

Resolusi 2019

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang akhir tahun 2018 ini juga diramaikan dengan catatan resolusi yang berhasil tercapai dan yang belum tercapai di tahun 2018 ini.

Selain itu, catatan resolusi untuk tahun 2019 juga sudah mulai disusun. Dan mungkin catatan yang telah tersusun tidak semua baru, karena pasti ada rencana tahun 2018 lalu yang belum tercapai bisa dimasukkan kembali ke daftar resolusi tahun 2019 sekaligus jadikan di tahun depan sebagai pelajaran berharga, yaitu, jangan membuat resolusi yang terlalu muluk.

Berbagai rencana sederhana pun juga bisa digunakan untuk resolusi yang bermanfaat agar kehidupan yang lebih baik di di tahun baru.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ini 10 resolusi sederhana di tahun baru yang patut untuk dicoba:

1. Mengurangi asupan yang manis

Tiap orang punya batasan atau definisi masing-masing mengenai makanan atau minuman manis. Jadi tidak ada yang benar-benar tidak makan atau minum-minuman manis mengingat tubuh juga masih memerlukan asupan gula.

Biasanya, kebiasaan kecil seperti minum kopi, nonton, atau sekadar mengetik di cafe kerap ditemani oleh camilan serba manis.

Namun tak perlu sampai menjauhi makanan yang serba manis ini. Cukup perhatikan dan atur berapa banyak yang akan dikonsumsi dalam sehari.

2. Perhatikan asupan kalori

Tubuh kita pasti memerlukan nutrisi yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, beberapa hal kecil seperti kebiasaan makan lagi setelah makan malam perlu dikurangi. Sebab asupan kalori terlalu banyak di malam hari bisa menyebabkan gangguan kualitas tidur.

3. Puasa

Biasanya, keinginan untuk memiliki tubuh ideal kerap tak diimbangi dengan usaha keras mengontrol pola makan. Orang sering menyebutnya gagal diet. Oleh karena itu, maka tidak ada salahnya jika mencoba untuk berpuasa.

Bagi yang muslim, puasa menjadi hal yang wajib dijalankan setiap bulan Ramadhan. Dan untuk yang non-muslim tentunya juga masih bisa berpuasa.

Hal ini juga dilakukan oleh Editor Health and Wellness CNN, David G. Allan, mencoba berpuasa atas dorongan dari temannya, Dilshad. Untuk pertama kalinya perut Allan kosong selama nyaris 14 jam. Makan di pagi buta kemudian kembali makan saat matahari terbenam.

Hasilnya, Allan merasakan berbagai manfaat saat dia berpuasa, yakni latihan untuk disiplin dan yang paling penting, berat badannya turun 5 kilogram.

4. Kontrol emosi

Emosi yang negatif seperti marah akan lebih baik jika diluapkan. Namun, sifat gampang marah hanya akan mengacaukan segala sesuatu bahkan rencana-rencana yang sudah tertata dengan baik.

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika mencoba pasang alarm untuk sekedar mengingatkan hal yang perlu disyukuri.

5. Bergerak

Olahraga tiga kali dalam seminggu kerap menjadi sebuah rencana saja. Padahal rencana untuk hidup lebih sehat dengan banyak bergerak bisa diwujudkan dengan aktivitas sederhana, misalnya berdiri. Contohnya, mengetik tidak harus dilakukan dengan duduk, berdiri pun juga bisa.

6. Kurangi media sosial

Media sosial di dunia maya memang kerap banyak menyita waktu dibandingkan dengan kehidupan nyata. Oleh karena itu, kurangi aktivitas media sosial dan luangkan waktu untuk kehidupan nyata.

Hal ini bisa dicoba saat akhir pekan untuk berkumpul bersama keluarga atau teman. Atau bisa juga hanya sekedar jalan-jalan untuk mencari inspirasi tentunya akan lebih menyenangkan.

7. Kurangi gosip

Sama halnya dengan mengurangi aktivitas bermedia sosial, ada baiknya menjadikan tahun 2019 ini bersih dari gosip atau kabar tak berfaedah yang kerap datang dari dunia hiburan atau infotainment.

8. Kini dan disini

Karena tuntutan kehidupan yang lebih modern, kebersamaan dengan orang-orang terkasih khususnya keluarga saat ini telah terdistraksi oleh pekerjaan dan aktivitas media sosial.

Oleh karena itu, di tahun 2019 perlu dibuat resolusi untuk "Kini dan disini". Artinya, jika bekerja, maka fokuslah bekerja. Sedangkan saat bersama keluarga, maka fokus dan hadirlah dengan sepenuh hati untuk mereka. Hal ini sangat penting terutama untuk anak.

9. Memilah barang tak terpakai

Tanpa kita sadari sepanjang tahun ada saja barang yang bertambah. Oleh karena itu, ada baiknya di tahun baru ini mulai memilah barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Barang-barang ini bisa dijual ke toko barang bekas atau disumbangkan kepada mereka yang memerlukan.

10. Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai

Resolusi Sederhana lainnya yang bisa diwujudkan di 2019 adalah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Pernah dengar berita mengenai paus sperma yang terdampar dengan perut penuh sampah? Nah hal tersebut menggerakkan hati semua orang untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, misalnya dengan menggunakan tas belanja sendiri daripada kantong kresek dari supermarket, ataupun membawa botol minum sendiri dan menggunakan sedotan dari alumunium atau bambu.

Apa Reaksimu untuk Artikel Ini?