Inilah 4 Manfaat Rutin Minum Kopi Bagi Kesehatan - KabarMenarik.web.id
Inilah 4 Manfaat Rutin Minum Kopi Bagi Kesehatan

Tren minum kopi saat ini semakin berkembang di masyarakat Indonesia. Hal ini bisa kita lihat dengan semakin maraknya kedai-kedai kopi kekinian yang banyak diminati oleh kalangan anak muda.

Berbagai macam olahan kopi pun kini tersedia di berbagai kedai modern, mulai dari kopi hitam hingga kopi yang dikombinasikan dengan bahan seperti susu atau krimer.

Tapi tahukah kamu? Selain nikmat, ternyata kopi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika kita konsumsi secara rutin lho!. Apa saja sih manfaatnya? Berikut ini ulasannya:

1. Sumber antioksidan yang baik

Sejak ditemukan pertama kali tanaman kopi yang konon berasal dari negeri Ethiopia, masyarakat dunia semakin tertarik menjadikan ekstrak kopi yang dapat diminum. Hal ini karena kopi dipercaya sebagai salah satu sumber antioksidan penting bagi tubuh yang mampu mengurangi risiko seseorang terkena penyakit apapun.

Menurut Beth Witherspoon, konsultan diet asal Amerika Serikat, mengonsumsi kopi secara rutin setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko terkena penyakit seperti diabetes tipe 2, Parkinson, sirosis, demensia, dan beberapa jenis kanker.

Para ahli bahkan mengungkapkan jika kopi sebagai “obat ajaib” karena kemampuannya yang menakjubkan untuk mencegah penyakit tersebut. Selain itu, seperti yang dikatakan dr. There, asupan kopi membantu hidup seseorang lebih lama.

Perlu diketahui, manfaat kopi yang baik dapat diperoleh dari kopi hitam. Jadi kamu harus mengonsumsi kopi tanpa bahan tambahan lainnya, seperti gula, susu, maupun krimer.

2. Mencegah stres

Selain ampuh mencegah penyakit, kandungan kafein pada kopi juga terbukti mampu meningkatkan kewaspadaan dan perhatian mental, membantu pikiran tetap terkonsentrasi, serta dapat memperbaiki suasana hati.

Selain itu, kopi menjaga emosi tetap stabil dan mencegah pikiran buruk. Dengan rutin minum kopi, maka akan terhindar dari risiko stres atau bahkan depresi.

Ini dibuktikan melalui sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health pada tahun 2013 menemukan bahwa mereka yang minum kopi sebanyak dua hingga tiga cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko bunuh diri sebesar 45%.

Hal ini terjadi karena anggapan adanya efek stimulan kafein yang akan membantu meningkatkan suasana hati.

3. Menjaga ingatan tetap sehat

Efek positif kafein pada kopi juga mampu meningkatkan memori daya ingat. Hal ini sudah teruji dalam sebuah jurnal Nature Neuroscience yang mengungkapkan bahwa efek kafein mampu meningkatkan kinerja seseorang selama 24 jam dengan cara meningkatkan konsolidasi memori jangka panjang pada manusia.

4. Baik untuk performa atletik

Kafein alami dalam kopi juga berpengaruh pada peningkatan kinerja fisik, terutama pada kemampuan aerobik atau daya tahan. Jumlah kafein yang direkomendasikan untuk meningkatan produktivitas adalah 2-6 miligram kafein per kilogram berat badan.

Dengan begitu, mengonsumsi kopi dapat meningkatkan performa selama latihan, baik dalam jangka panjang maupun pendek. Efek Kafein juga bereaksi dengan reseptor di otak untuk “mematikan” zat adenosine, yaitu zat kimia yang menyebabkan sensasi lelah. Jadi kamu menjadi tidak mudah lelah saat berolahraga.

Nah itulah 4 manfaat kopi jika dikonsumsi secara rutin. Namun perlu diingat, bahwa asupan kafein yang berlebihan belum tentu lebih baik atau tidak selalu berdampak positif pada kesehatan. Jadi konsumsilah kopi sesuai takaran secukupnya.

Sumber: KlikDokter

Inilah 4 Manfaat Rutin Minum Kopi Bagi Kesehatan

Inilah 4 Manfaat Rutin Minum Kopi Bagi Kesehatan

Tren minum kopi saat ini semakin berkembang di masyarakat Indonesia. Hal ini bisa kita lihat dengan semakin maraknya kedai-kedai kopi kekinian yang banyak diminati oleh kalangan anak muda.

Berbagai macam olahan kopi pun kini tersedia di berbagai kedai modern, mulai dari kopi hitam hingga kopi yang dikombinasikan dengan bahan seperti susu atau krimer.

Tapi tahukah kamu? Selain nikmat, ternyata kopi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika kita konsumsi secara rutin lho!. Apa saja sih manfaatnya? Berikut ini ulasannya:

1. Sumber antioksidan yang baik

Sejak ditemukan pertama kali tanaman kopi yang konon berasal dari negeri Ethiopia, masyarakat dunia semakin tertarik menjadikan ekstrak kopi yang dapat diminum. Hal ini karena kopi dipercaya sebagai salah satu sumber antioksidan penting bagi tubuh yang mampu mengurangi risiko seseorang terkena penyakit apapun.

Menurut Beth Witherspoon, konsultan diet asal Amerika Serikat, mengonsumsi kopi secara rutin setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko terkena penyakit seperti diabetes tipe 2, Parkinson, sirosis, demensia, dan beberapa jenis kanker.

Para ahli bahkan mengungkapkan jika kopi sebagai “obat ajaib” karena kemampuannya yang menakjubkan untuk mencegah penyakit tersebut. Selain itu, seperti yang dikatakan dr. There, asupan kopi membantu hidup seseorang lebih lama.

Perlu diketahui, manfaat kopi yang baik dapat diperoleh dari kopi hitam. Jadi kamu harus mengonsumsi kopi tanpa bahan tambahan lainnya, seperti gula, susu, maupun krimer.

2. Mencegah stres

Selain ampuh mencegah penyakit, kandungan kafein pada kopi juga terbukti mampu meningkatkan kewaspadaan dan perhatian mental, membantu pikiran tetap terkonsentrasi, serta dapat memperbaiki suasana hati.

Selain itu, kopi menjaga emosi tetap stabil dan mencegah pikiran buruk. Dengan rutin minum kopi, maka akan terhindar dari risiko stres atau bahkan depresi.

Ini dibuktikan melalui sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health pada tahun 2013 menemukan bahwa mereka yang minum kopi sebanyak dua hingga tiga cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko bunuh diri sebesar 45%.

Hal ini terjadi karena anggapan adanya efek stimulan kafein yang akan membantu meningkatkan suasana hati.

3. Menjaga ingatan tetap sehat

Efek positif kafein pada kopi juga mampu meningkatkan memori daya ingat. Hal ini sudah teruji dalam sebuah jurnal Nature Neuroscience yang mengungkapkan bahwa efek kafein mampu meningkatkan kinerja seseorang selama 24 jam dengan cara meningkatkan konsolidasi memori jangka panjang pada manusia.

4. Baik untuk performa atletik

Kafein alami dalam kopi juga berpengaruh pada peningkatan kinerja fisik, terutama pada kemampuan aerobik atau daya tahan. Jumlah kafein yang direkomendasikan untuk meningkatan produktivitas adalah 2-6 miligram kafein per kilogram berat badan.

Dengan begitu, mengonsumsi kopi dapat meningkatkan performa selama latihan, baik dalam jangka panjang maupun pendek. Efek Kafein juga bereaksi dengan reseptor di otak untuk “mematikan” zat adenosine, yaitu zat kimia yang menyebabkan sensasi lelah. Jadi kamu menjadi tidak mudah lelah saat berolahraga.

Nah itulah 4 manfaat kopi jika dikonsumsi secara rutin. Namun perlu diingat, bahwa asupan kafein yang berlebihan belum tentu lebih baik atau tidak selalu berdampak positif pada kesehatan. Jadi konsumsilah kopi sesuai takaran secukupnya.

Sumber: KlikDokter
Apa Reaksimu untuk Artikel Ini?